• SMK ITABA
  • SMK Islam Tarbiyatul Badriyah untuk maju dengan motto "SMK Bisa" Cerdas, Kreatif Dan Kompetitif.

Pentingnya Mengetahui Pengertian Prakerin SMK dan Manfaatnya

Prakerin atau Praktek Kerja Industri merupakan kegiatan pendidikan, pelatihan, dan pembelajaran bagi siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang dilakukan di dunia usaha atau dunia industri yang berkaitan dengan kompetensi siswa sesuai bidang yang digelutinya. Pada umumnya, sekolah akan mengupayakan terlaksananya program Prakerin SMK ini demi meningkatkan keterampilan siswa di bidangnya.

Dalam program ini, para siswa diberikan bekal ilmu pengetahuan dasar supaya meminimalisir kendala saat penerapan bekerja. Program ini dilaksanakan agar siswa lebih siap untuk bekerja di lapangan dan juga dapat mempraktikkan teori yang sudah dipelajari di sekolah. Dengan begitu, ketika lulus nanti, siswa dapat beradaptasi lebih cepat dengan dunia kerja. 

Prakerin SMK ini merupakan upaya sekolah untuk meningkatkan mutu siswa SMK sehingga dapat menghasilkan lulusan yang mampu menjalani pekerjaan sesuai dengan bidangnya dan memasuki dunia kerja yang persaingannya cukup ketat. Beberapa sekolah sudah mewajibkan program prakerin bagi para siswa dalam jangka waktu tertentu. 

Pelaksanaan program prakerin ini didasari oleh Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan Berbasis Kompetensi yang Link and Match dengan Industri yang memuat klausul tentang Praktek Kerja Industri berbunyi, “Perusahaan Industri dan/atau Perusahaan Kawasan Industri memfasilitasi Praktek Kerja Industri untuk siswa dan Pemagangan Industri untuk guru Bidang Studi Produktif.”

Hal ini juga didukung oleh Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.323/u/1997 UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang menyebutkan, “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual, agama, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.”

Setelah memahami pengertian di atas, ada baiknya Anda juga mengetahui manfaat prakerin bagi siswa, khususnya bagi Anda yang akan menjalani prakerin dalam waktu dekat. Dengan mengetahui manfaat prakerin, diharapkan Anda dapat melaksanakan prakerin dengan maksimal. Berikut ini merupakan manfaat dari prakerin bagi siswa SMK.

1. Implementasi Teori

Program Prakerin SMK ini sangat baik untuk mengimplementasi teori yang sudah dipelajari di bidang yang digeluti sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja. Dengan melaksanakan prakerin, siswa diharapkan dapat memperluas pengetahuan seputar dunia industri, mulai dari bahan baku yang digunakan dalam kegiatan produksi pada industri tersebut hingga proses pemasaran dan logistik. Selain itu, siswa juga dapat terlibat langsung dalam kegiatan industri tersebut sehingga mendapatkan pengalaman bekerja yang berharga dan dapat digunakan saat memasuki dunia kerja nanti.

2. Membentuk Pola Pikir

Pembentukan pola pikir juga bisa terjadi selama mengikuti prakerin ini. Pasalnya, pengalaman yang diperoleh dari dunia industri pasti akan menambah pengetahuan siswa yang sedikit/banyak mengubah pola pikir. Prakerin akan membantu membentuk pola pikir agar lebih konstruktif supaya siswa dapat bekerja lebih baik dan dapat melihat peluang serta kesempatan yang lebih baik untuk membangun karir maupun usahanya di masa depan.

3. Melatih Profesionalisme

Selain pola pikir, program ini berguna untuk melatih profesionalisme siswa agar siap kerja. Profesionalisme yang dimaksud yaitu bersikap tanggung jawab di dunia industri, seperti melaksanakan tugas pokok dan fungsi yang telah diberikan, mematuhi instuksi dan peraturan yang berlaku, hingga menjaga nama baik sekolahnya dan industri tersebut. Bagi sebagian orang, adaptasi terhadap lingkungan dan/atau pekerjaan membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Oleh karena itu, melalui Prakerin SMK inilah siswa dapat mulai berlatih untuk beradaptasi dengan dunia industri.

4. Membentuk Etos Kerja

Manfaat prakerin selanjutnya yaitu untuk membentuk generasi dengan etos kerja yang baik di masa depan. Karakter semangat kerja untuk mengembangkan potensi diri maupun timnya dapat mulai ditanamkan melalui program ini. Dengan adanya motivasi besar dari setiap individunya, diharapkan dapat melahirkan sumber daya manusia yang memiliki potensi tinggi dan perilaku positif dengan keahlian profesional.

5. Mengasah Kemampuan

Bagi para siswa SMK yang mengikuti program prakerin juga dapat mengasah kemampuan bahkan menambah keterampilan di bidangnya. Saat praktik kerja dilakukan, kemampuan siswa akan semakin terasah dengan banyaknya hal tidak terduga yang terjadi. Dengan begitu, siswa akan tertantang untuk mengasah keterampilan lain demi mencari solusi dan menyelesaikan permasalahan yang terjadi. Namun, jangan khawatir jika Anda mengalami kesulitan saat praktik kerja lapangan karena Anda dapat selalu bertanya pada user atau atasan Anda maupun pembimbing dari sekolah Anda.

6. Menjalin Relasi

Menjalin relasi dapat menjadi manfaat Prakerin SMK bagi siswa maupun sekolah. Dengan mengikuti prakerin, siswa dapat menjalin relasi dengan staff maupun jajaran direksi di industri tersebut yang akan sangat bermanfaat di masa depan. Bagi Anda yang akan menjalani prakerin di waktu dekat ini, ada baiknya Anda menjalin relasi dengan banyak orang. Relasi tersebut dapat menjadi pintu peluang untuk perkembangan karir maupun usaha Anda ke depannya. Bagi sekolah, program praktik kerja ini bisa menciptakan kerja sama yang baik antara sekolah dan perusahaan sehingga banyak hal bermanfaat yang akan didapat, seperti meningkatkan citra dan popularitas sekolah di mata masyarakat serta meningkatkan penyerapan lulusan sekolah untuk bekerja pada industri tersebut.

7. Efisiensi Waktu dan Tenaga

Prakerin ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga dalam menghasilkan lulusan yang siap kerja. Dengan memanfaatkan prakerin secara maksimal, siswa dapat segera bekerja setelah lulus sekolah karena sudah memperoleh ilmu dan pengetahuan dasar serta kompetensi yang dibutuhkan untuk bekerja di industri.

8. Mempersiapkan SDM Berkualitas

Manfaat utama dari program ini yaitu untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Seiring dengan perkembangan zaman, khususnya di era digital ini, SDM dituntut untuk bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dalam melakukan pekerjaannya. Sebagai contoh, penggunaan berkas fisik kini berubah menjadi penggunaan soft copy atau e-document (dokumen elektronik) dan pengoperasian peralatan mesin kini semakin canggih dengan adanya pemrograman dan digitalisasi. Oleh sebab itu, Prakerin SMK ini merupakan upaya untuk membentuk generasi yang siap kerja di era digital ini.

Itulah beberapa manfaat dari sekian banyak manfaat yang membuat Prakerin SMK menjadi suatu program penting untuk diikuti siswa SMK. Manfaatnya dapat dirasakan pada saat mengikuti prakerin dan setelah menyelesaikan programnya. Oleh sebab itu, pergunakan kesempatan sebaik-baiknya agar Anda bisa menjadi individu yang berkualitas dengan etos kerja yang baik serta profesional di bidang Anda demi perkembangan karir maupun usaha di masa depan.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Apa Sudah Tau Praktik Kerja Lapangan Yang Ada Di SMK ITABA !

Praktik Kerja Lapangan (PKL) adalah bentuk penyelenggaraan pendidikan dan pelatihan kejuruan yang diikuti oleh siswa dengan bekerja secara langsung di dunia usaha atau dunia industri (D

23/09/2022 08:14 - Oleh Administrator - Dilihat 25 kali
IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Kurikulum Merdeka sebagai opsi satuan Pendidikan dalam rangka pemulihan pembelajaran tahun. 2022 s.d. 2024 Kurikulum Merdeka sebagai opsi pemulihan pembelajaran Kementerian Pendid

13/08/2022 07:56 - Oleh Administrator - Dilihat 164 kali
Lulusan SMK ITABA dapat Meningkatkan Kompetensinya untuk Bekal Menghadapi Persaingan Dunia Kerja di era revolusi industri 4.0

Ribuan Siswa SMK di Kabupaten Sidoarjo yang akan memasuki kelulusan dan sudah siap memasuki dunia kerja menjadi atensi Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor (Gus Mudlor).     

15/09/2021 07:40 - Oleh Administrator - Dilihat 527 kali
Upacara HUT Ke-76 Kemerdekaan SMK ITABA

  Assalamualaikum wr.wbMerdeka!!Sakit dalam perjuangan itu hanya sementara. Namun jika menyerah, rasa sakit itu akan terasa selamanya!!Pada Masa-masa ini tidak menyurutkan Semanga

21/08/2021 07:54 - Oleh Administrator - Dilihat 564 kali
SISWA SISWI JUARA MPLS DARING SMK ITABA

JUARA MPLS DARING

21/07/2021 16:35 - Oleh Administrator - Dilihat 409 kali
KEGIATAN MPLS DARING ONLINE TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan di

21/07/2021 16:27 - Oleh Administrator - Dilihat 511 kali
PPKM Darurat, Pekerja di Sektor Ini Wajib WFH 100%

  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa-Bali yang berlaku mulai 3 Juli sampai 20 Juli 2021. Ketentuan berlaku antara lain soal Work From Home (WFH) un

02/07/2021 10:12 - Oleh Administrator - Dilihat 445 kali
Ini Aturan Lengkap PPKM Darurat yang Berlaku 3 Juli 2021

Menko Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, mengumumkan aturan baru pengetatan yang bernama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro Darurat. Aturan ini

02/07/2021 10:06 - Oleh Administrator - Dilihat 478 kali
Pandemi Covid-19, Mendikbud Kembali Tiadakan Ujian Nasional 2021

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim meniadakan Ujian Nasional (UN) dan ujian kesetaraan pada 2021. Hal ini tertuang melalui Surat Edaran (SE

09/02/2021 20:09 - Oleh Administrator - Dilihat 460 kali
SMK ITABA Jalin Kerjasama dengan PT Indo Bismar Surabaya

Tingkat kan Kualitas Pendidikan SMK ITABA Jalin Kerjasama dengan PT Indo Bismar Surabaya Upaya peningkatan kualitas pendidikan terus dilakukan oleh SMK ITABA, salah satunya dengan meng

04/02/2021 13:59 - Oleh Administrator - Dilihat 1076 kali