• SMK ITABA
  • SMK Islam Tarbiyatul Badriyah untuk maju dengan motto "SMK Bisa" Cerdas, Kreatif Dan Kompetitif.

Macam Jenis CPU & GPU AMD Dari Generasi Lama HIngga Terbaru

AMD telah membuat banyak jenis CPU, GPU dan APU beserta socket dan chipset processor dari generasi awal hingga processor terbaru. Beberapa model pengembangan CPU AMD sukses menjadikan AMD sebagai salah satu produsen perangkat global. Beberapa jenis processor AMD berhasil meraih penghargaan internasional.

Komponen Pada Processor
jenis macam prosesor cpu-gpu-apu desktop dan laptop amd terbaru

Processor adalah sebuah unit atau komponen yang melakukan proses terhadap perintah input dan output dari perangkat lunak sesuai jenis dan kegunaan perangkat tersebut. Dalam bahasa Indonesia secara harfiah bisa diartikan bahwa processor adalah unit atau komponen yang melakukan pemrosesan (prosesor/processor).

Processor biasanya disematkan di dalam komponen motherboard komputer. Processor yang ditanam di motherboard membutuhkan sejenis tempat tertanamnya processor, biasa disebut dengan istilah socket yang disesuaikan dengan kompatibilitas processornya. Itu sebabnya mengapa tidak semua processor memiliki socket yang sama pada motberboard.

Kecepatan operasi dan eksekusi processor dinyatakan dengan satuan MHz atau kini biasa dinyatakan dengan GHz (tergantung frekuensi, tahun pembuatan dan jenisnya).

 

Apa Saja Bagian di Dalam Processor Komputer ?

Processor memiliki bagian-bagian penting dengan fungsi yang berbeda. Bagian-bagian ini memang sangat penting karena kegunaan masing-masing saling menunjang bagian lain satu sama lain.

Bagian – bagian dalam processor terdiri atas ALU (Arithmetic And Logical Unit), CU (Control Unit), dan MU (Memory Unit).

Arithmetic And Logical Unit (ALU), bertugas melakukan semua operasi dan kalkulasi aritmetika/matematika sesuai perintah program dengan dasar penjumlahan. Selain itu fungsi ALU adalah melakukan keputusan dan operasi bersifat logika menggunakan operator logika tertentu.

 

Control Unit (CU), adalah bagian yang mengatur lalu lintas data dan berfungsi mengatur/mengendalikan alat input dan output, mengambil instruksi memori utama, mengambil data memori utama untuk diproses (bila dibutuhkan), mengirim instruksi ke ALU jika ada perhitungan matematika maupun perbandingan logika sekaligus mengawasi kerja ALU, serta menyimpan hasil proses ke memori utama.

Memory Unit (MU), merupakan komponen penyimpanan data dengan kecepatan akses tinggi Saat data dan instruksi lainnya yang sedang menunggu giliran diproses akan tetap tersimpan dalam memori utama (cache memory).

Dapat diambil kesimpulan bahwa fungsi prosesor adalah sebagai tempat mengatur semua instruksi program pada komputer dan sekaligus sebagai pengelola semua aktivitas kerja dalam komputer.

 

Processor AMD

Saat ini tedapat beberapa produsen processor dunia. Produsen-produsen tersebut menciptakan dan memproduksi komponen perangkat keras seperti processor baik untuk perangkat komputer seperti PC Komputer (Desktop dan Lapto/Notebook), Komputer Server dan Workstation, maupun gadget smartphone dan tablet serta perangkat gadget lainnya yang memiliki sistem pemrosesan berbasis komputer.

Intel Corp. merupakan merupakan salah satu produsen processor terkemuka dan sangat dominan dalam industri processor. Jenis urutan processor Intel cukup panjang bila disusun daftarnya.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, produk-produk Intel mendapat saingan yang cukup berarti. Salah satunya yaitu processor dari AMD.

Advanced Micro Devices, Inc atau sering juga dikenal dengan AMD adalah perusahaan semikonduktor internasional asal Amerika Serikat. Perusahaan dunia yang satu ini berbasi di California, tepatnya Sunnyvale.

Macam Jenis Perangkat Processor Produksi AMD

Selain sebagai pengembang teknologi (techology developer) sekaligus pemasok komponen komputer dan console, AMD juga fokus pada pengembangan perangkat pemrosesan. Berbagai jenis processor AMD sangat diminati banyak produsen perangkat lain seperti processor untuk smartphone, TV digital, game console, dan banyak aplikasi lainnya yang sangat penting disematkan dalam perangkat.

Khususnya processor AMD untuk komputer tipe-tipe processor yang dibuat yaitu embedded prosesor kartu grafis (GPU), chipset motherboard, prosesor untuk server, prosesor untuk workstation dan komputer PC. Berikut ini adalah tipe-tipe processor komputer AMD yang digunakan pada komputer.

CPU (Central Processing Unit)

Fungsi-fungsi utama CPU adalah melakukan proses loading OS, menjalankan perintah operasi kalkulasi/perhitungan di Excel atau aplikasi/software, termasuk melakukan perhitungan saat bermain game. Perhitungan dan kalkulasi dalam memainkan game menyebabkan sejumlah operasi akan menguras CPU.

GPU (Graphical Processing Unit)

GPU bertugas untuk memproses tampilan di layar komputer. GPU tersedia dalam beberapa tipe ukuran dan bentuk. Umumnya GPU berbentuk lempengan (biasa disebut dengan istilah card) yang bisa dicolok ke dalam slot PCI-Express pada desktop. Ada juga GPU yang berbentuk chip (Integrated Graphic Chip). Karena saat melakukan operasi game atau desain grafis sehingga membutuhkan kalkulasi hingga milyaran per detik tentu akan menguras banyak memori CPU dan menyebabkan performa perangkat menjadi tidak menurun maka produsen processor sengaja membuat GPU agar tampilan grafis menjadi maksimal tanpa mengurangi performa perangkat.

APU (Accelerated Processor Unit)

APU adalah penggabungan processor CPU dan GPU. Pembuatan processor APU bertujuan untuk memberikan pemrosesan/processing yang lebih cepat. Bentuk APU lebih kecil dan kedua komponen ini bisa terhubung lebih cepat. Penggunaan processor APU lebih direkomendasikan untuk perangkat mobile, PC atau desktop low end dan notebook/laptop khususnya bagi pelajar atau karyawan yang tidak menggunakan perangkat komputernya untuk menjalankan software berat.

Pengembangan Processor AMD

Kerja sama dengan IBM, ATI Technologies dan Fujisu diyakini sebagai awal bersejarah dalam perjalanan AMD hingga tetap bertahan saat ini. AMD didirikan pada tahun 1969 dengan bermodalkan 'hanya' $100.000. Produk pertama AMD dirilis pada tahun 1970 yaitu The Am2501 logic counter. AMD kemudian menandatangani perjanjian sebagai second source IBM microprocessor atas permintaan IBM.

ATI selanjutnya bergabung dengan AMD pada tahun 1985 untuk mengembangkan graphic controller (pengontrol grafis) pertama mereka. Dan akhirnya AMD masuk dalam daftar Fortune 500 untuk pertama kalinya di tahun itu.

Untuk pertama kalinya, AMD memproduksi Flash memory setelah menetapkan kerja sama dengan Fujisu. ATI juga memperkenalkan chip Mach8 dan produk graphic board pertama yang bisa memproses grafis secara independen dalam CPU. Kolaborasi AMD dengan ATI semakin menunjukkan tajinya dengan sejumlah produk kelas atas. Diantaranya yaitu pada tahun 2000 menjadi produsen pertama yang memproduksi processor 1 GHz dalam wujud AMD Athlon, sementara pada saat yang bersamaan ATI dalam teknologi ATI Radeon merilis produk-produk gaming high end dan 3D (workstation).

Terobosan lainnya yang dilakukan AMD adalah menjadi produsen pertama yang menciptakan processor arsitektur x86 dual core pertama di dunia sekaligus menyatakan inisiasi 50x15 untuk mempercepat akses internet terjangkau pada tahun 2004. Lalu menciptakan processor dengan teknologi mobile (mobile technology) untuk notebook (AMD Turion) dan PC dalam wujud AMD Atholon 64x2 dual core.

AMD akhirnya merger dengan ATI Technologies pada tahun 2006 dengan mengakuisisi ATI dalam bentuk cash money dan saham. dan hingga sekarang ATI adalah bagian dari AMD. Inilah salah satu faktor yang menyebabkan AMD menjadi sangat diperhitungkan di dunia perangkat komputer.

Pabrik AMD berada di Austin, Texas dan Dresden, Jerman. Namun tahun 2012 AMD memisahkan diri dan berada di bawah perusahaan sendiri bernama Global Foundries. Namun AMD tetap melakukan order untuk pembuatan microprocessor terhadap bekas pabrikannya. Selain itu AMD juga melakukan kerjasama pembuatan microprocessor dengan TSMC asal Taiwan yang memproduksi microprocessor hemat daya.

Salah satu inovasi AMD dan menjadikannya sebagai salah satu produsen multinasional dan multitechnology adalah penggabungan unit processor AMD, chipset northbride dan chipset GPU Radeon menjadi satu tubuh dalam produk AMD Accelerated Processing Unit atau APU agar bisa menyaingi Intel untuk pasar low-mid end.

 

Tingkatan Processor AMD

AMD telah mengembangkan teknologi prosesor komputer, baik untuk pasar konsumen maupun komersial. AMD adalah perusahaan kedua terbesar di dunia sebagai pemasok/distributor mikroprosesor berarsitektur x86 skala global setelah Intel Corp. Selain itu, AMD adalah perusahaan terbesar ketiga di dunia untuk pemasok unit pengolahan grafis.

Selain untuk perangkat komputer yang digunakan untuk keperluan harian seperti mengetik ataupun untuk multimedia, dipasaran saat ini juga tersedia aneka rupa laptop dan PC yang dipasangi processor game AMD.

Urutan Processor AMD Dari Awal Hingga Sekarang

Dalam perjalanan panjang AMD yang telah puluhan tahun banyak processor, tentunya banyak yang penasaran apa saja model processor komputer AMD sedari awal hingga processor AMD terbaru. Berikut ini adalah processor komputer AMD yang dibuat dari yang lama hingga terbaru dan tertinggi saat ini.

    • AMD K5 - Processor AMD Generasi Awal

AMD K5 adalah processor generasi pertama yang awalnya dibuat mengikuti processor Intel sekaligus diancar-ancar sebagai pengganti Intel. AMD K5 adalah microprocessor pertama yang didesain independen dengan socket kompatibel untuk arsitektur x86. Tetapi processor ini bisa dikatakan belum mampu melakukan apa yang dilakukan oleh Intel. Hal ini disebabkan permasalahan motherboard, dimana motherboard Intel tidak mendukung processor K5. Setelah upgrade BIOS agar bisa menjalankan AMD barulah motherboardnya berjalan baik.

    • AMD K6 - Processor AMD support semua motherboard

AMD K6 adalah processor generasi ke-6. AMD K6 kompatibel dengan semua motherboard yang support pada Intel sekaligus menyaingi kinerja Intel. Berdasarkan kecepatannya, K6 terbagi 3 yaitu AMD K6, AMD K6-2 dan AMD K6 III.

    • AMD Duron, Processor AMD Ekonomis dan Kinerja Baik (Versi AMD Athlon "mini")

AMD Duron adalah generasi ketiga jenis processor AMD yang diproduksi tahun 2000. Pada awalnya processor ini diberi nama kode nama/code name Spitfire berdasarkan core Thunderbird. AMD Duron adalah salah satu produk unggulan AMD karena termasuk handal dan harganya ekonomis. Kinerjanya hampir sama dengan Athlon, dimana AMD Athlon hanya unggul 7-10% saja. AMD Duron saat ini telah dihentikan produksinya.

    • AMD Athlon

AMD Athlon adalah processor unggulan AMD. AMD Athlon diproyeksikan untuk mengganti seri K6. AMD Athlon mengimbangi kecepatan dan kehandalan Intel generasi ke-enam (P6). AMD Athlon juga bisa dijadikan multiprocessor. Keunggulan utama seri ini adalah adanya chipset AMD 750 MP (Irong Gate). Selain itu juga karena didukung oleh chipset AMD 760 (bisa ditanam dalam satu komputer atau prosesor ganda). Untuk versi prosesor tunggal/single processor dengan nama produk AMD Athlon, sementara untuk versi multiprocessor/prosesor ganda diberi nama produk AMD Athlon Profesional. Kedua jenis prosesor ini dibekali teknologi yang sama.

AMD Athlon mencapai ambang maksimal 1000 MHz ata 1 GHz terlebih dahulu sebelum akhirnya disamai oleh Intel Pentium Coppermine 1 GHz. Keunggulan awal ini memberikan predikat Processor of The Year 2000 pada AMD Athlon.

AMD Athlon dan AMD Athlon Profesional memang sengaja dirancang untuk mengimbangi prosesor Intel Pentium II Xeon dan Intel Pentium III Xeon. Athlon unggul pada system bus aristekturnya, sementara Xeon unggul pada cache level-2 untuk cache.

Varian/Jenis AMD Athlon berikut spesifikasinya saat awal pengembangan yaitu :

    1. AMD Athlon Classic, kecepatan prosesnya 100 MHz (double pumped), V.Core 1.6 V (K7, Clock Rate 500-700 MHz, keluaran awal Juni 1999), V.Core 1.6 - 1.8 V (K75, Clock-rate 550-1000 MHz, dirilis Nopember 1999)
    2. AMD Athlon Thunderbird berkonfigurasi 180nm, kecepatan proses 700-1400 MHz, boros daya dan suhu tinggi, menggunakan MMX 3DNow!. Athlon Thunderbird diklaim menyaingi Intel Pentium III
    3. AMD Athlon XP eXtrime Power (130nm), kompatibel dengan RAM DDR/SDRAM 100, 133, 166, 200 MHz. Instruksi processor menggunakan 3DNOW! (support Intel x86 Compatibility Intel MMX-SSE/SSE2), Clock Speed tersedia dalam 3 rentang (1500+ sd 2000+, 2200+sd 3000+, 3200+)
    4. AMD Athlon Palomino, dengan Clockrate 133-1733 MHz (1500+ sd 2100+), menggunakan MMX 3DNOW!, Streaming SMID Extension/SSE (rilis awal Oktober 2001)
    5. AMD Athlon Thoroughbred tipe A/B (130nm), memiliki Clock-rate untuk T-Bred A 1400 MHz-1800 MHz (1600+ sd 2200+) dan untuk T-Bred B 1400 MHz-2250 MHz (1600+ sd 2200+)
    6. AMD Athlon Thorton, memiliki Clock-rate 166MHz-2200 MHz (2000+ sd 3100+), menggunakan MMX 3DNOW! dan SSE
    • AMD Athlon 64

AMD Athlon 64 dirilis setelah kesukesan varian AMD Athlon sebelumnya. AMD Athlon 64 memiliki 3 varian socket yaitu varian 754 (mampu mengendalikan memori yang support penggunaan memory DDDR single channel/kanal tunggal), 939 (mampu mengendalikan memori yang mendukung double/multichannel)dan 940 dengan keunggulan masing-masing. AMD Athlon 64 adalah generasi pertama yang support komputasi 64 bit.

    • AMD Athlon 64 FX - Processor AMD Dengan Antivirus

AMD Athlon 64 FX adalah processor AMD yang dapat bekerja pada sistem operasi 32 bit dan 64 bit. Jenis prosesor ini juga berjalan dengan kecepatan yang sama pada kedua sistem operasi tersebut. Dalam produksinya, AMD Athlon 64 FX dibekali antivirus Enhanced Virus Protection saat berjalan dalam Windows XP Service Pack 2 (SP2) dan Windows XP 64 Bit Edition.

Processor AMD Athlon 64 FX sangat handal dan direkomendasikan untuk PC yang menggunakan software dengan memori grafis tinggi, misalnya video. Dengan fitur-fitur dan spek seperti 3DNow! Professional+SSE2, HyperTransport Technology, On-Die cache memory cukup besar (1152 Kb) membuat processor ini sangat pantas disematkan dalam PC yang menjalankan program berat.

Beberapa varian AMD Athlon 64 FX antara lain AMD Athlon 64 FX, AMD Athlon FX 51, AMD Athlon FX 53, AMD Athlon FX 57.

    • AMD Sempron

AMD Sempron dirancang untuk mengimbangi prosesor Intel Celeron D. AMD sempron memiliki varian socket yaitu AMD Sempron socket A (dirancang dengan teknologi AMD Athlon XP Thoroughbred) dan AMD Sempron socket 754.

AMD Sempron didesain dengan name code Palermo. Beberapa varian AMD Sempron untuk sistem operasi 64 bit memang tidak dirilis, sehingga AMD Sempron hanya bisa digunakan untuk perangkat dengan sistem operasi 32 bit.

    • AMD 64 X2 Dual Core - Processor AMD untuk Media Intensitas Tinggi

AMD 64 X2 Dual Core adalah processor AMD yang didesain untuk menyaingi Intel Core Duo dengan basis teknologi 64 bit. AMD X2 Dual Core adalah processor pertama untuk processor dual core yang dirancang bagi pengguna media digital dengan intensitas tinggi.

    • AMD Opteron - Processor AMD Dengan Akses Physical Memory Hingga 1 Terrabyte

AMD Opteron memiliki cache level-1 (128 Kb terbagi ke dalam data cache 64 kb dan instruction cache 64 Kb) serta cache level-2 (1024 Kb). Kecepatan proses dalam rentang 1400 - 3000 MHz, memiliki 3 buah link HyperTransport berkecepatan 3200 Mbit/s. Processor ini mampu mengakses memori fisik (physical memory) hingga 1 Tb. AMD Opteron tersedia dalam versi single core, dual core dan quad core.

AMD Opteron 64 bit dibuat untuk pasar workstation dan server. Processor AMD ini didesain untuk mengimbangi prosesor Intel Xeon untuk pasar worksatation dan Intel Itanium untuk pasar High-End. AMD Opteron unggul dari kinerja tiap watt yang digunakan (performance/watt) dibandingkan Intel Xeon, namun masih belum bisa menandingi Intel Itanium untuk efisiensi.

    • AMD Phenom

AMD Phenom adalah processor berinti enam (hexa-core). Kemunculan AMD Phenom ini untuk mengimbangi pesaingnya yang sudah merilis prosesor heksa-core. Pada saat rilisnya dengan dua varian Phenom II X6 sekaligus (Phenom II X6 1055T dan Phenom II 1090T) AMD juga memanfaatkan momen tersebut untuk meluncurkan chipset terbaru (saat itu) tipe 890GX/FX sebagai pendamping varian Phenom II tersebut.

Processor ini memiliki spek socket tipe AM3 (938 pin), clock-speed 3200 MHz (3600-Turbo), jumlah inti 6 core dengan nama core Thuban. Cache memory L1 (128 Kb x6), L2 (512 Kb x6) dan L3 (6 Mb shared).

    • AMD APU FM 1 (Llanno) dan AMD APU FM 2 (Trinity)

Accelarated Processing Unit (APU) adalah inovasi AMD untuk processor dengan teknologi CPU dan GPU dalam satu badan. AMD APU mempunyai arsitektur unik yaitu memiliki modul CPU AMD, cache, dan discrete-class graphics processor yang bisa secara otomatis mengolah kerja CPU dan GPU tergantung pada kebutuhan kerja. Dengan kata lain, AMD APU adalah processor yang digabungkan dengan VGA bawaan dalam satu buah processor.

AMD APU generasi pertama adalah Llano (FM 1) untuk processor grafis/APU berkinerja tinggi serta Brazos untuk perangkat dengan daya rendah (2011). AMD APU generasi kedua (FM 2) yaitu Trinity untuk perangkat berkinerja tinggi dan Brazos-2 untuk perangkat dengan daya rendah.

AMD APU (FM 1 dan FM 2) sendiri dirancang untuk segmen pasar low-end dan menengah.

    • AMD Cadiz

AMD Cadiz diluncurkan sekitar tahun 2008 dengan inti 4-core. AMD Cadiz dirancang dengan shared L2 cache, DDR2/3 dan memiliki HyperTransport3.

    • AMD Turion - Processor AMD Hemat Daya

AMD Turion adalah processor AMD yang berjalan pada sistem 64 bit. Processor Turion ini hemat daya, dengan code name K8L. AMD Turion memiliki varian AMD Turion 64 X2 Ultra, AMD Turion Ultra II, AMD Turion II, AMD Zamora, AMD Greyhound, dan AMD untuk varian quad-core.

    • AMD Bulldozer - Processor FX -Series Dengan Teknologi SOI (Silicon On Insulator)

AMD Bulldozer adalah processor AMD yang tediri atas model dengan empat core, enam core dan delapan core. Jenis tersebut yaitu AMD FX4000, FX6000 dan FX8000 dengan arsitektur Bulldozer. Ketiga varian model ini juga dikenal dengan code name Zambesi. AMD Bulldozer dengan model dan variannya ditujukan untuk segmen desktop High-End. Setiap model tersebut juga memiliki varian masing-masing. Processor ini dirancang untuk mengimbangi Intel i7 (seri 9000).

Teknologi terbaru yang ditanamkan pada processor ini adalah unit pengolahan baru Flex FP floating point. Nilai TDP (Thermal Design Power) yang dimiliki bekisar 95 W- 125W. Khusus unutk chip Bulldozer delapan core juga menawarkan peningkatan performa hingga 50% dibandingkan AMD Phenom II untuk menjalankan aplikasi multi media. Selain itu processor AMD versi ini sudah support memory dual channel DDR3 1866 MHz, sudah menggunakan teknologi Turbo Core dynamic acceleration dengan ketersediaan form factor tipe AM3+. Kecepatan proses yang dimiliki AMD Zambezi berkisar antara 3,6 GHz hingga 3,9 GHz (kondisi semua core aktif atau kondisi turbo) dengan kecepatan Max Turbo 4,2 GHz.

    • AMD Orochi - Processor AMD Tangguh

AMD Orochi adalah processor AMD generasi berikutnya dari AMD Zambesi untuk pasar desktop High-End dan penerus AMD Valencia untuk segmen processor pada perangkat server. Konstruksinya masih menggunakan arsitektur Bulldozer. Konsep awalnya adalah delapan mesin pengolahan. Namun karena berarsitektur Bulldozer, sejumlah core akan dimasukkan ke dalam empat modul dimana setiap modul memiliki dua core independen, satu unit Flex FP loating point, dua pipa FMAX. Platform yang dirilis akan menggabungkan kemampuan processor Bulldozer, chipset AMD 9 Series serta VGA Radeon HD 6000.

Tingkatan Generasi Processor AMD Hingga Generasi Tertinggi

AMD tidak meninggalkan begitu saja processor-processor generasi sebelumnya, tapi mengembangkan dan meningkatkan kemampuannya. Pengembangan teknologi pada processor sebelumnya kemudian dirilis dalam wujud produk processor AMD terbaru dengan spek gahar dan kemampuan mumpuni. Setiap produk baru adalah seri terbaru dari jenis processor AMD sebelumnya. Misalnya AMD A-Series untuk seri atau varian dari AMD Athlon. Contoh lainnya yaitu AMD A-Series Pro untuk seri/model/varian dari AMD Athlon Professional.

Saat ini beberapa processor AMD terbaru yang terkenal tangguh untuk menyamai Intel Core antara lain AMD FX-Series, AMD Phenom Series, AMD Ryzen Series, dan AMD Opteron Series (untuk komputer server).

Sasarannya ditujukan untuk pasar high-end, middle-end, low-end. Sementara untuk jenis perangkat, sasarannya adalah PC, desktop, notebook, komputer server, dan komputer workstation.

Beberapa jenis processor AMD, dalam perkembangannya terus ditingkatkan dan punya kemampuan lebih baik dibandingkan processor pendahulunya. Berikut ini adalah beberapa jenis processor AMD yang mengalami pengembangan.

  • Processor AMD FX-Series dan variannya (processor gaming)
  • Processor AMD APU Series dan variannya (processor gaming)
  • Processor AMD Phenom dan variannya
  • Processor AMD Athlon dan variannya
  • Processor AMD Ryzen dan variannya (processor gaming)
  • AMD EPYC dan model variannya (processor server)
  • AMD Opteron terbaru dan model variannya (processor server)

 

Processor AMD Untuk Komputer

Lebih detail urutan generasi processor AMD hingga yang terbaru untuk komputer desktop beserta spesifikasinya adalah seperti di bawah ini.

AMD Ryzen™ Processors Series Dengan Radeon™ Vega Graphics

Varian model dari tipe processor AMD Ryzen yang dikolaborasikan dengan GPU Radeon Vega Graphics ini yaitu:

    • AMD Ryzen™ Threadripper™ Processors, dari 8 hingga 16 cores, cache memory dari 20MB hingga 40 MB, dengan lebih dari 32 processing threads
    • AMD Ryzen™ 7 Processors, memiliki 8 core, 16 processing threads dan memory cache 20 MB
    • AMD Ryzen™ 5 Processors, dengan 4-6 cores, mencapai 12 processing threads, memiliki 10 MB-16 MB memory cache, serta Radeon™ Vega graphics.
    • AMD Ryzen™ 3 Processors, memiliki 4 cores, 10 MB cache dan Radeon™ Vega graphics.

 

AMD Ryzen™ 7 PRO Series

Model-model AMD Ryzen™ 7 PRO Series ini yaitu :

    • AMD Ryzen™ 7 PRO 1700X, Core CPU 8 core, Clock Speed: 3.4GHz, Max Turbo Core Speed 3.8GHz, Default TDP / TDP: 95W
    • AMD Ryzen™ 7 PRO 1700 dengan Core CPU 8, Clock Speed 3GHz, Max Turbo Core Speed 3.7GHz, Default TDP / TDP 65W
    • AMD Ryzen™ 5 PRO 1600, memiliki CPU dengan 6 core, Clock Speed 3.2GHz, Max Turbo Core Speed 3.6GHz, Default TDP / TDP: 65W
    • AMD Ryzen™ 5 PRO 1500 memiliki CPU Cores 4 inti, Clock Speed 3.5GHz, Max Turbo Core Speed 3.7GHz, Default TDP / TDP: 65W
    • AMD Ryzen™ 3 PRO 1300, jumlah inti 4 core, Clock Speed 3.5GHz, Max Turbo Core Speed 3.7GHz, Default TDP / TDP 65W
    • AMD Ryzen™ 3 PRO 1200 CPU Cores 4 inti, Clock Speed 3.1GHz, Max Turbo Core Speed 3.4GHz, Default TDP / TDP 65W

 

AMD Ryzen™ Threadripper™ Series

Beberapa varian AMD Ryzen™ Threadripper™ Series. Model terbaru jenis prosesor seri ini yaitu :

    • AMD Ryzen™ Threadripper™ 1950X Processor, jumlah inti 16 core, Clock Speed 3.4GHz, Max Turbo Core Speed 4GHz, Default TDP / TDP: 180W
    • AMD Ryzen™ Threadripper™ 1920X Processor berinti 12, Clock Speed: 3.5GHz, Max Turbo Core Speed 4GHz, Default TDP / TDP 180W
    • AMD Ryzen™ Threadripper™ 1900X Processor memiliki 8 core, Clock Speed: 3.8GHz, Max Turbo Core Speed 4GHz, Default TDP / TDP 180W

 

7th Gen AMD Athlon™ X4 970

Seri 7th Gen AMD Athlon™ X4 970 ini yaitu :

    • 7th Gen AMD Athlon™ X4 970, jumlah core 4, Clock Speed 3.8GHz, Max Turbo Core Speed 4GHz, Default TDP / TDP 65W
    • 7th Gen AMD Athlon™ X4 950 memiliki inti 4 core, Clock Speed 3.5GHz, Max Turbo Core Speed 3.8GHz
    • 7th Gen AMD Athlon™ X4 940 dengan jumlah inti 4 core, Base Clock Speed 3.2GHz, Max Turbo Core Speed 3.6GHz
    • 7th Gen A8-9600 APU berinti 4 core, Clock Speed 3.1GHz, Max Turbo Core Speed 3.4GHz Default TDP / TDP 65W, Graphics Model Radeon™ R7 Series
    • 7th Gen A6-9550 APU, berinti 2, Clock Speed 3.8GHz, Max Turbo Core Speed 4GHz, Default TDP / TDP 65W, Graphics Model Radeon™ R5 Series
    • 7th Gen A6-9500E APU dengan 2 cores, Clock Speed 3GHz, Max Turbo Core Speed 3.4GHz, Default TDP / TDP 35W, Graphics Model Radeon™ R5 Series

 

7th Gen AMD PRO A8-9600 APU Series

Varian model 7th Gen AMD PRO A8-9600 APU Series ini yaitu :

    • 7th Gen AMD PRO A8-9600 APU, Cores 4, Speed/Max 3.1 GHz/3.4 GHz, TDP 65W, Package AM4
    • 7th Gen AMD PRO A6-9500E APU, Cores 2 Speed/Max: 3 GHz/3.4 GHz, TDP 35W, Package AM4
    • 7th Gen AMD PRO A6-9500 APU, Cores 2, Speed/Max: 3.5 GHz/3.8 GHz, TDP 65W, Package AM4
    • 7th Gen AMD PRO A12-9800E APU, Cores 4 inti, Speed/Max 3.1 GHz/3.8 GHz, TDP 35, WPackage AM4
    • 7th Gen AMD PRO A12-9800 APU, Cores 4, Speed/Max: 3.8 GHz/4.2 GHz, TDP 65W, Package AM4
    • 7th Gen AMD PRO A10-9700E APU, Cores 4, Speed/Max 3 GHz/3.5 GHz, TDP: 35W, Package AM4
    • 7th Gen AMD PRO A10-9700 APU, Cores 4, Speed/Max 3.5 GHz/3.8 GHz, TDP 65W, Package AM4

 

CPU AMD Terbaru Untuk Komputer Server

AMD juga membuat sejumlah processor yang digunakan untuk komputer server. Komputer untuk server biasanya punya spesifikasi yang lebih tinggi. Processor AMD terbaru untuk komputer server yaitu :

  • AMD EPYC™
  • Opteron™ X and A-Series Processors

 

CPU AMD Terbaru Terbaik Gaming

Dalam beberapa tahun terakhir dunia gaming semakin semarak dengan berbagai judul game terbaik dan sering pula dikompetisikan. Untuk mendukung perangkat agar pengguna bisa menikmati pengalaman bermain game yang memuaskan, AMD juga menciptakan processor terbaik untuk bermain game. Berikut ini adalah processor terbaik AMD untuk gaming:

  • AMD Ryzen™ Processors Series dengan Radeon™ Vega Graphics (AMD Ryzen™ Threadripper™ Processors, AMD Ryzen™ 7 Processors, AMD Ryzen™ 5 Processors, AMD Ryzen™ 3 Processors)
  • AMD Ryzen™ 7 PRO Series (AMD Ryzen™ 7 PRO 1700X, AMD Ryzen™ 7 PRO 1700, AMD Ryzen™ 5 PRO 1600, AMD Ryzen™ 5 PRO 1500, AMD Ryzen™ 3 PRO 1300, AMD Ryzen™ 3 PRO 1200)
  • AMD Ryzen™ Threadripper™ Series (AMD Ryzen™ Threadripper™ 1950X, AMD Ryzen™ Threadripper™ 1920X, AMD Ryzen™ Threadripper™ 1900X)
  • AMD FX Series/AMD 7th Gen FX APUs Series (AMD FX-9830P)
  • AMD A-Series APUs

 

Macam Processor GPU AMD Terbaik Untuk Komputer

Processor grafis juga menjadi salah satu fokus pengembangan yang dilakukan AMD. Selain memberikan grafis tinggi processor GPU dari AMD juga dinilai harganya relatif terjangkau.

Pembuatan graphic card awalnya dilakukan oleh IBM yang kemudian dikembangkan oleh ATi Technologies dan nVidia yang hingga kini tetap berkompetisi. Setelah diakuisisi oleh AMD yang fokus pada CPU, ATi dan AMD kemudian mengembangkan teknologi tinggi untuk bisa mengkombinasikan CPU AMD dan grafis ATi sehingga mereka membuat motherboard, chipset dan socket yang kompatibel.

Kartu grafis ATI AMD dibuat dengan arsitektur yang disesuaikan dengan CPU dan motherboad, socket dan chipset. Untuk desktop dan laptop kartu grafis terbaik AMD adalah ATI Radeon. ATI Radeon cukup kompetitif untuk menyaingi nVidia bila dikombinasikan dengan komponen perangkat lain yang spesifikasinya juga gahar.

Berikut ini adalah processor GPU AMD terbaik muntuk menyokong VGA card (kartu memori grafis) onboard untuk komputer.

    1. Radeon™ RX 400 Series

Beberapa tipe processor grafis Radeon™ RX 400 Series ini antara lain Radeon™ RX 460, Radeon™ RX 470, Radeon™ RX 480.

    1. Radeon™ 500 Graphics Series

Tipe-tipe processor grafis AMD Radeon™ 500 Graphics Series yaitu Radeon™ 520 Graphics, Radeon™ 530 Graphics

    1. Radeon™ RX 500 Graphics Series

Tipe-tipe processor grafis AMD Radeon™ RX 500 Graphics Series yaitu Radeon™ RX 540 Graphics, Radeon™ RX 550 Graphics, Radeon™ RX 560 Graphics, Radeon™ RX 570 Graphics, Radeon™ RX 580 Graphics, Radeon™ RX 590 Graphics

 

Kelebihan Processor AMD

Dua perusahaan besar dunia untuk processor, AMD dan Intel selalu bersaing. Persaingan itu bisa dilihat dari perangkat yang mereka buat. Tidak dipungkiri bahwa processor Intel masih lebih unggul dalam hal performa. Namun perlu juga diketahui bersama bahwa keunggulan itu tidak signifikan dalam beberapa tahun terakhir, apalagi medan perang persaingan itu sudah dinyalakan untuk segmen gaming.

Bagi sebagian pengguna PC dan laptop processor memberikan berbagai keuntungan dibandingkan merk processor komputer lainnya. Kelebihan yang terdapat pada processor AMD antara lain yaitu :

  • Clock Speed diklaim lebih tinggi dibandingkan kompetitornya, misanya Intel. Clock Speed CPU AMD untuk model terbaru sudah lama dibuat pada rentang 3.0 GHz ke atas. Clock speed yang tinggi menyebabkan processor ini lebih baik dalam kecepatan akses memori.
  • CPU AMD unggul dalam overclocking. Kemampuan overclocking AMD khususnya pada varian AMD FX dan AMD Ryzen menyebabkan pengguna perangkat bebas menentukan kapan menghentikan operasi.
  • Jumlah core yang terdapat dalam AMD lebih banyak. Core sangat mempengaruhi kecepatan dan performa processor dan perangkat secara keseluruhan. Semakin banyak core semakin baik performanya.
  • CPU AMD lebih baik dalam hal performa operasi Multi Threading. Jumlah core yang banyak mempengaruhi kemampuan operasi multi threading (multi task).
  • Penggunaan CPU integrated dan GPU integrated yang saling menutupi menyebabkan performa pemrosesan dan dari sisi grafis juga lebih baik. Selain itu GPU Radeon sangat membantu pemrosesan karena lebih hemat daya.
  • Dari aspek harga, processor AMD lebih murah daripada Intel. Murahnya harga processor AMD turut mempengaruhi harga perangkat secara keseluruhan. Itu sebabnya mengapa laptop AMD Ryzen lebih ekonomis dibandingkan laptop Intel, misalnya pada jajaran laptop gaming.

Nah, itu dia ulasan mengenai urutan tingkatan CPU dan GPU AMD hingga yang terbaru. Pilihan ada pada pengguna perangkat, apakah akan menggunakan perangkat laptop atau desktop CPU AMD atau yang lainnya.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
WhatsApp Kini Tersedia Untuk Ponsel Fitur yang Menjalankan KaiOS Selengkapnya: https://www.beritateknologi.com/whatsapp-kini-tersedia-untuk-ponsel-fitur-yang-menjalankan-kaios/

Bagi Anda yang belum mengetahui KaiOS, pada dasarnya itu adalah sistem operasi berbasis web yang dikhususkan untuk ponsel fitur, dan Google sudah mengeluarkan banyak investasi untuk OS

22/11/2022 07:04 - Oleh Administrator - Dilihat 759 kali
10 Teknologi Terbaru dan Tercanggih, Perlu Diketahui

Reporter : Jevi Nugraha Merdeka.com - Teknologi terbaru dan tercanggih semakin mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semakin manusia membutuhkan banyak hal, sem

21/11/2022 08:58 - Oleh Administrator - Dilihat 4531 kali
Metaverse Sebagai Tren Teknologi Digital Terbaru, Plus-Minus, dan 5 Profesi yg Paling Dibutuhkan

Isi Artikel 1. Apa itu metaverse? 2. Bagaimana cara kerja metaverse? 3. Dampak positif dan negatif tren teknologi metaverse 4. 5 Profesi yang paling dibutu

19/11/2022 08:19 - Oleh Administrator - Dilihat 876 kali
Microsoft Perkuat Ekosistem Teknologi Indonesia di Dev//Verse untuk Dukung Percepatan Transformasi Digital Nasional

Indonesia News Center Platform belajar Microsoft Learn dan portal inovasi Azure kini tersedia dalam Bahasa Indonesia Microsoft for Startups Founders Hub resmi tersedia secara glob

19/11/2022 07:52 - Oleh Administrator - Dilihat 697 kali
Multimedia Adalah Penyedia Informasi di Komputer, Berikut Pengertian dan Jenisnya

  Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio, dan video. Hal ini di

26/03/2022 09:17 - Oleh Administrator - Dilihat 2474 kali
Ketahui Beberapa Hal Mengenai Jaringan Komputer dan Jenis Perangkatnya

Saat ini penggunaan internet sudah mencakup hampir seluruh penjuru dunia. Bahkan, di Indonesia sendiri, pengguna aktif internet juga mengalami peningkatan yang signifikan.

26/03/2022 09:11 - Oleh Administrator - Dilihat 56073 kali
Mengenal Lebih Dalam Teknologi Metaverse

Teknologi Metaverse – Salah satu platform Internet paling terkenal, Facebook, melakukan rebranding untuk mengekspresikan dan menerima ide-ide futuristik dan menggunakan

31/01/2022 08:32 - Oleh Administrator - Dilihat 1230 kali
Siap-siap, Teknologi 5G yang Dinanti Dunia Sudah di Depan Mata

Telekomunikasi seluler berevolusi begitu pesat dalam beberapa dekade. Perubahan itu menjadikan ponsel tak sekadar sebagai alat komunikasi, tapi juga sarana informasi sekaligus hiburan.

01/07/2021 08:25 - Oleh Administrator - Dilihat 1263 kali
Bisnis Digital Advertising Punya Prospek Cerah di Indonesia

ERA digital saat ini kian mengubah wajah kehidupan manusia. Berbagai inovasi dan cara kreatifitas manusia sebagai sumber daya utama pun ikut berkembang, menyelaraskan ritme kehidupan di

09/02/2021 20:05 - Oleh Administrator - Dilihat 1500 kali
Status Resmi WhatsApp Dikabarkan Bisa Curi Rekening Bank, Benar atau Hoaks?

KOMPAS.com - Status di aplikasi WhatsApp biasanya berisi konten foto atau video pendek yang diunggah pengguna. Pekan ini, posting Status yang dibuat oleh pihak WhatsApp mulai muncul di

29/01/2021 21:50 - Oleh Administrator - Dilihat 1331 kali
Sv388 Fafaslot Digmaan Sexy Baccarat Fafaslot Gates Of Olympus IDN Slot JDB Slot PGSOFT Pragmatic Play Sbobet Slot Dana Slot4D Slot Mania Slot Petir Slot Olympus Sv388 Ws168 Slot Bet 200 Slot Maxwin Slot Thailand Live Casino Online Demo Slot RTP Live Slot Mahjong Ways Slot88 Joker123 Slot Kamboja Demo Olympus Slot Filipina Slot Jepang Slot Server Luar Slot Hongkong Slot Rusia Slot Vietnam Slot Singapore Roulette Sicbo Blackjack Baccarat Online Fafaslot Gates Of Olympus IDN Slot JDB Slot Joker123 Live Casino Online PGSOFT Pragmatic Play Roulette Online SBOBET Slot Dana SLOT777 Slot Mania Slot Ovo Slot Petir Slot Pulsa Slot Olympus Sv388 WS168 RTP Live Sicbo Online SLOT88 Slot Bet 200 Slot Maxwin Slot Mahjong Ways Demo Olympus Demo Slot Mega Roulette Slot Thailand Slot Kamboja Slot Filipina Slot Server Luar Slot Jepang Slot Gacor Slot Gacor IDN Slot Joker123 PGSOFT Pragmatic Play SBOBET Slot88 Slot Dana Slot Maxwin Slot Mania Slot Pulsa Sv388 Sabung Ayam Sweet Bonanza Slot Zeus Slot Olympus Gates Of Olympus Slot777 Slot Ovo RTP Live Slot Mahjong Ways Demo Olympus Demo Slot Slot Thailand Slot Kamboja Slot Filipina Slot Server Luar Slot Jepang Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Fafaslot Digmaan Baccarat Online Gates Of Olympus IDN Slot JDB Slot PGSOFT Pragmatic Play SBOBET Slot Dana Slot Mania Slot Petir Slot Olympus SV388 Sabung Ayam Online WS168 Slot Bet 200 Maxwin Slot Gacor Slot Server Thailand Lavabet138 Demo Slot RTP Slot Live Slot Mahjong Ways Slot88 Joker123 Slot Server Kamboja Demo Olympus Slot Server Filipina Slot Server Luar Slot Server Jepang Slot Server Hongkong Roulette Online Sicbo Online Mega Roulette Slot Mania Slot Deposit Dana Slot Maxwin Joker123 Slot Zeus Fafaslot Slot Depo 5K Fafaslot Fafaslot Baccarat Online Digmaan Gates Of Olympus IDN Slot JDB Slot Joker123 Live Casino Online PGSOFT Pragmatic Play Roulette RTP Live Slot SBOBET Sicbo Online Slot Dana Slot777 Slot Mania Slot Ovo Slot Petir Slot Pulsa Sv388 Sabung Ayam Online Slot Olympus SLOT88 WS168 Slot Bet 200 Slot Maxwin Slot Mahjong Ways Demo Olympus Demo Slot Mega Roulette Slot Thailand Slot Kamboja Slot Filipina Slot Server Luar Slot Jepang Fafaslot Digmaan Digmaan Fafaslot Baccarat Digmaan Fafaslot Gates Of Olympus IDN Slot JDB Slot Joker123 Live Casino Online PGSOFT Pragmatic Play Roulette Sbobet Slot Dana Slot777 Slot Mania Slot Ovo Slot Petir Slot Pulsa Slot Olympus Slot Zeus Sv388 Ws168 RTP Live Slot Sicbo Slot88 Slot Bet 200 Slot Maxwin Mahjong Ways Demo Olympus Slot Demo Mega Roulette Slot Server Thailand Slot Server Kamboja Slot Server Filipina Slot Server Luar Slot Server Jepang Digmaan Ws168 Fafaslot Fafaslot Sabung Ayam Online Digmaan Baccarat Digmaan Fafaslot Gates Of Olympus IDN Slot JDB Slot Joker123 Live Casino Online PGSOFT Pragmatic Play Roulette Sbobet Slot Dana Slot777 Slot Mania Slot Ovo Slot Petir Slot Pulsa Slot Olympus Sv388 Ws168 RTP Live Slot Sicbo Slot88 Slot Bet 200 Slot Maxwin Mahjong Ways Slot Demo Olympus Demo Slot Mega Roulette Slot Server Thailand Slot Server Kamboja Slot Server Filipina Slot Server Luar Slot Server Jepang