• SMK ITABA
  • SMK Islam Tarbiyatul Badriyah untuk maju dengan motto "SMK Bisa" Cerdas, Kreatif Dan Kompetitif.

Multimedia, Sarana Informasi dan Teknologi Masa Kini

Kemajuan dunia teknologi saat ini tentunya tidak terlepas dari pengaruh perkembangan zaman yang semakin modern. Perkembangan dunia teknologi yang cukup pesat membuat segala sesuatu menjadi jauh lebih mudah dan praktis. Banyaknya temuan baru di dunia teknologi semakin mempermudah dan mempercepat berbagai macam aktivitas yang dilakukan dalam keseharian kita. 

Masyarakat pun semakin dimanjakan dengan kemudahan dalam mengakses informasi yang dikemas secara menarik melalui berbagai media. Hal ini tentunya berkaitan erat dengan multimedia yang bukan lagi menjadi hal asing bagi masyarakat. Terutama bagi generasi millenial yang semakin kreatif, inovatif, dan menyukai berbagai hal-hal baru. Namun, tidak hanya generasi millenial saja yang dekat dan lekat dengan multimedia. Bahkan saat ini generasi tua pun sudah mulai terbiasa dengan multimedia. Maka tak heran apabila saat ini multimedia menjadi sesuatu yang sangat unggul di dunia teknologi dan informasi. Kehadiran multimedia pun dianggap menjadi salah satu bukti kemajuan teknologi yang menarik dalam penyampaian informasi bagi publik.

Apa itu Multimedia?

Jika mendengar kata multimedia, hal apa yang pertama kali terlintas dalam pikiran Anda? Canggih? Kekinian? Multimedia berasal dari dua suku kata, yaitu multi dan media. Multi berarti banyak, sedangkan media berarti alat atau sarana untuk merepresentasi atau melakukan suatu hal tertentu, serta menyampaikan pesan dari satu media ke media lainnya. Media juga dapat diartikan sebagai bentuk dari komunikasi massa seperti koran, majalah, televisi, radio, dan sebagainya. Selain itu, media merupakan alat untuk mendistribusikan dan menyajikan informasi berupa teks, suara, gambar, grafik, animasi, video, dan sebagainya. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia merupakan kombinasi dari berbagai alat atau sarana untuk mendistribusikan dan menyajikan informasi.

Seperti yang diungkapkan oleh Rabiah Abdul Kadir dalam bukunya Introduction to Multimedia, multimedia merupakan kombinasi dari berbagai bentuk elemen informasi, seperti teks, suara, gambar, grafis, animasi, dan video yang disampaikan secara interaktif kepada pengguna secara elektronik maupun dimanipulasi secara digital.

Pada zaman dahulu, informasi hanya disampaikan atau disebarluaskan melalui satu media saja. Seperti contohnya, pada tahun 1907, Raden Mas Djokomono Tirto Adhi Soerjo menjadi pendiri surat kabar pertama di Indonesia yang diperuntukan bagi kalangan pribumi yang bernama Medan Prijaji. Medan Prijaji menjadi jurnalisme advokasi pertama milik pribumi yang berisi kasus perampasan tanah yang dilakukan oleh kononial maupun ketidakadilan lain terhadap pribumi di Indonesia.

 Medan Prijaji pun menjadi koran pertama yang menampung suara pribumi dan menjadi kritik pedas bagi pemerintah kolonial. Selain itu, surat kabar ini juga menjadi tujuan pengaduan akhir kasus pribumi yang diperlakukan tidak adil oleh kekuasaan. Surat kabar atau koran menyebarkan informasi hanya dalam bentuk teks dan gambar saja. Namun hal ini tampak berbanding terbalik dengan situasi zaman sekarang, di mana orang-orang mulai menggabungkan berbagai media sebagai alat atau sarana mereka dalam menyampaikan informasi tertentu.

Kehadiran multimedia pun dianggap membawa suatu kebaruan di kehidupan masyarakat yang turut mengikuti berbagai kebutuhan masyarakat masa kini. Tidak hanya para pekerja media saja yang dapat memanfaatkan multimedia sebagai alat atau sarana penyampai berbagai pesan atau informasi bagi publik. Namun, saat ini pun setiap orang juga dapat memanfaatkan multimedia untuk membagikan pesan atau informasi yang dihasilkannya kepada publik. Selain untuk menarik minat setiap orang yang menggunakannya untuk menghasilkan dan berbagi informasi, multimedia juga menarik indera kita karena multimedia menggabungkan antara gambar, suara, dan gerakan.

Elemen-elemen Multimedia

Multimedia terdiri dari beberapa elemen, seperti teks, gambar, grafis, suara, animasi, dan video. Berikut penjelasan dari beberapa elemen multimedia.

Teks

Teks atau tulisan merupakan salah satu elemen yang paling dasar dalam multimedia. Beberapa pilihan kata yang tepat dapat membantu publik untuk menemukan pesan tertentu atau sering disebut dengan keyword. Teks juga biasanya digunakan dalam konten, menu, dan tombol navigasi.

Grafis

Grafis merupakan ilustrasi dua dimensi yang dapat dihasilkan secara manual (gambar, tulisan, ukiran, dan sebagainya) atau dihasilkan secara digital menggunakan komputer yang dilengkapi dengan teknologi grafis. Grafis digunakan untuk memperjelas suatu informasi dan menyajikan tampilan yang menarik dalam bentuk diagram atau gambar.

 

Suara (Audio)

Suara atau audio merupakan bunyi yang dihasilkan oleh getaran yang kemudian diterima oleh indera pendengaran. Dalam multimedia, suara atau audio dimunculkan dalam bentuk pidato, sound effect, dan juga music score.

Animasi

Animasi merupakan ilusi gerakan yang tercipta dari gambar-gambar dengan elemen serupa yang disusun secara berurutan. Dalam multimedia, animasi digunakan untuk menyajikan informasi secara lebih menarik dan mudah dipahami oleh publik.

Video

Video merupakan teknologi yang digunakan untuk menangkap, merekam, memproses, menyebarkan, dan mengkonstruksi gambar yang bergerak. Video memiliki perbedaan dengan animasi, yaitu video cenderung lebih realistis dibandingkan animasi.

Dalam realitasnya, saat ini banyak berbagai media yang telah memanfaatkan beberapa elemen multimedia dalam penyajian sebuah informasi. Contohnya saja seperti Tirto.id, Kompas.com, VIK Kompas, dan CNN Indonesia. Media-media tersebut menyajikan dan mengemas berbagai informasi dengan sangat menarik. Ketika kita mengunjungi situs Tirto.id di internet, maka kita dapat menemukan kolom kanal yang berisi beberapa konten media, seperti artikel, foto, video, infografis, dan lain sebagainya. Sedangkan ketika kita mengunjungi situs VIK Kompas, kita akan disuguhkan dengan tampilan yang sangat menarik minat kita sebagai pembaca. 

Mengapa demikian? Karena dalam tampilan di halaman utama VIK Kompas tampak sangat menarik dan lebih akrab dengan kalangan generasi muda. Berbagai konten berita dari segala bidang tersaji sesuai kebutuhan pembaca. Dalam suatu berita, pembaca tidak hanya dapat melihat sajian tulisan saja, tetapi juga dapat melihat sajian foto, video, dan ilustrasi yang cukup menarik.

Penerapan berbagai elemen multimedia yang diterapkan oleh media pada penyajian informasinya, membuat berbagai kalangan menjadi lebih tertarik dalam mengakses informasi. Kalangan anak muda tentunya juga menjadi salah satu kalangan yang terbilang sangat menggemari keberadaan multimedia. Beragam informasi dengan penyajian yang menarik, cenderung membuat para pembaca menjadi tidak bosan. Hal tersebut juga membantu para pembaca, terutama kalangan anak muda, dapat memahami informasi dengan mudah.

Penerapan Multimedia

Multimedia merupakan suatu kombinasi dari berbagai elemen media untuk menyampaikan suatu informasi sehingga informasi tersebut tersaji secara lebih menarik. Melihat dari penjelasan di atas, multimedia sangat diperlukan dan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Industri Kreatif

Multimedia juga digunakan dalam industri kreatif untuk memenuhi berbagai keperluan, mulai dari seni rupa, hiburan, seni komersil, jurnalisme, media dan lain sebagainya.

Iklan

Dalam iklan, multimedia juga digunakan untuk menarik perhatian penonton terhadap tampilan sebuah iklan. Dengan menggunakan multimedia, presentasi sebuah iklan akan tampak lebih menarik sekaligus dapat menjual ide kreatif dari perusahaan jasa kreatif.

Hiburan (Entertainment)

Selain itu, multimedia banyak digunakan di industri hiburan, terutama untuk mengembangkan efek khusus dalam film dan animasi. Beberapa video game juga menggunakan fitur multimedia. Dengan suatu bagian atau program multimedia, sebuah komputer pun dapat berubah menjadi seperangkat televisi dan memungkinkan untuk menyaksikan suatu film yang diputar berulang-ulang.

Pendidikan

Pendidikan juga sangat membutuhkan peran dari multimedia. Dalam bidang Pendidikan, multimedia dapat menjadi alternatif sebagai pelatihan dalam sistem e-learning ataupun mencari informasi yang dibutuhkan. Selain itu, juga digunakan untuk pelatihan berbasis komputer kursus (Computer Based Test/ CBT) dan sebagai buku referensi seperti ensiklopedi dan almanak. CBT memungkinkan pengguna membaca serangkaian presentasi, teks tentang topik tertentu, dan ilustrasi terkait dalam berbagai format informasi. Selain itu, Edutainment adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan penggabungan antara pendidikan dengan hiburan, terutama hiburan multimedia. Maka, saat ini banyak pendidikan yang sudah berbasis komputer dan bimbingan belajar online.

Industri dan Bisnis

Di sektor industri, multimedia digunakan sebagai cara untuk membantu menyajikan informasi kepada pemegang saham, atasan dan rekan kerja. Multimedia juga bermanfaat untuk menyediakan pelatihan, periklanan dan penjualan produk di seluruh dunia melalui teknologi berbasis web yang tidak terbatas. Sedangkan di sektor bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan dan profil produk.

Public Places

Multimedia juga sangat membantu memberikan informasi terkait tempat-tempat yang akan dikunjungi. Multimedia sering ditemui di beberapa tempat umum, seperti hotel, stasiun kereta api, pusat perbelanjaan, kios, terminal, dan lain sebagainya.

Mengapa Multimedia?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa multimedia merupakan suatu kombinasi berbagai media yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah berbagai aktivitas di keseharian kita. Multimedia memberikan suatu pengalaman baru yang berbeda dalam menyampaikan informasi. Kekuatan pengaruhnya terhadap berbagai aspek di kehidupan kita pun luar biasa besar. Entah sudah berapa banyak manfaat multimedia yang berpengaruh bagi berbagai aspek di kehidupan kita.

Multimedia merupakan temuan baru yang sangat penting. Adanya multimedia, sebuah artikel yang biasanya hanya berisi teks yang semula membosankan, dapat menjadi lebih menarik ketika disertai konten-konten lain, seperti gambar, grafis, suara, animasi, bahkan video. Kehadiran atau keberadaan suatu hal tentunya selalu membawa dampak positif maupun negatif, sama halnya dengan multimedia. 

Dampak positif dari multimedia yang saat ini dapat kita amati yaitu perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat, di mana hal tersebut sangat menunjang kemajuan media massa di Indonesia bahkan di dunia. Akses informasi yang dibutuhkan publik pun semakin beragam dan menarik, sehingga publik tidak bosan dan lebih mudah dalam mengakses berbagai informasi yang disajikan oleh berbagai media. Namun, saat ini hampir sebagian besar masyarakat mulai menjadikan internet sebagai akses dalam memperoleh atau mengakses informasi. 

Hal inilah yang menjadi dampak negatif dari multimedia, di mana masyarakat menjadi lebih nyaman memperoleh atau mengakses informasi melalui berbagai media online daripada melalui media cetak yang saat ini tampak mulai ditinggalkan oleh sebagian masyarakat. Meskipun demikian, multimedia yang cenderung disebut sebagai media masa kini, justru membuat generasi muda semakin aktif terlibat dalam menciptakan berbagai kreatifitas dan inovasi baru.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
WhatsApp Kini Tersedia Untuk Ponsel Fitur yang Menjalankan KaiOS Selengkapnya: https://www.beritateknologi.com/whatsapp-kini-tersedia-untuk-ponsel-fitur-yang-menjalankan-kaios/

Bagi Anda yang belum mengetahui KaiOS, pada dasarnya itu adalah sistem operasi berbasis web yang dikhususkan untuk ponsel fitur, dan Google sudah mengeluarkan banyak investasi untuk OS

22/11/2022 07:04 - Oleh Administrator - Dilihat 759 kali
10 Teknologi Terbaru dan Tercanggih, Perlu Diketahui

Reporter : Jevi Nugraha Merdeka.com - Teknologi terbaru dan tercanggih semakin mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Semakin manusia membutuhkan banyak hal, sem

21/11/2022 08:58 - Oleh Administrator - Dilihat 4532 kali
Metaverse Sebagai Tren Teknologi Digital Terbaru, Plus-Minus, dan 5 Profesi yg Paling Dibutuhkan

Isi Artikel 1. Apa itu metaverse? 2. Bagaimana cara kerja metaverse? 3. Dampak positif dan negatif tren teknologi metaverse 4. 5 Profesi yang paling dibutu

19/11/2022 08:19 - Oleh Administrator - Dilihat 877 kali
Microsoft Perkuat Ekosistem Teknologi Indonesia di Dev//Verse untuk Dukung Percepatan Transformasi Digital Nasional

Indonesia News Center Platform belajar Microsoft Learn dan portal inovasi Azure kini tersedia dalam Bahasa Indonesia Microsoft for Startups Founders Hub resmi tersedia secara glob

19/11/2022 07:52 - Oleh Administrator - Dilihat 699 kali
Multimedia Adalah Penyedia Informasi di Komputer, Berikut Pengertian dan Jenisnya

  Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio, dan video. Hal ini di

26/03/2022 09:17 - Oleh Administrator - Dilihat 2476 kali
Ketahui Beberapa Hal Mengenai Jaringan Komputer dan Jenis Perangkatnya

Saat ini penggunaan internet sudah mencakup hampir seluruh penjuru dunia. Bahkan, di Indonesia sendiri, pengguna aktif internet juga mengalami peningkatan yang signifikan.

26/03/2022 09:11 - Oleh Administrator - Dilihat 56079 kali
Mengenal Lebih Dalam Teknologi Metaverse

Teknologi Metaverse – Salah satu platform Internet paling terkenal, Facebook, melakukan rebranding untuk mengekspresikan dan menerima ide-ide futuristik dan menggunakan

31/01/2022 08:32 - Oleh Administrator - Dilihat 1231 kali
Siap-siap, Teknologi 5G yang Dinanti Dunia Sudah di Depan Mata

Telekomunikasi seluler berevolusi begitu pesat dalam beberapa dekade. Perubahan itu menjadikan ponsel tak sekadar sebagai alat komunikasi, tapi juga sarana informasi sekaligus hiburan.

01/07/2021 08:25 - Oleh Administrator - Dilihat 1265 kali
Macam Jenis CPU & GPU AMD Dari Generasi Lama HIngga Terbaru

AMD telah membuat banyak jenis CPU, GPU dan APU beserta socket dan chipset processor dari generasi awal hingga processor terbaru. Beberapa model pengembangan CP

17/02/2021 20:17 - Oleh Administrator - Dilihat 6136 kali
Bisnis Digital Advertising Punya Prospek Cerah di Indonesia

ERA digital saat ini kian mengubah wajah kehidupan manusia. Berbagai inovasi dan cara kreatifitas manusia sebagai sumber daya utama pun ikut berkembang, menyelaraskan ritme kehidupan di

09/02/2021 20:05 - Oleh Administrator - Dilihat 1502 kali
Sv388 Fafaslot Digmaan Sexy Baccarat Fafaslot Gates Of Olympus IDN Slot JDB Slot PGSOFT Pragmatic Play Sbobet Slot Dana Slot4D Slot Mania Slot Petir Slot Olympus Sv388 Ws168 Slot Bet 200 Slot Maxwin Slot Thailand Live Casino Online Demo Slot RTP Live Slot Mahjong Ways Slot88 Joker123 Slot Kamboja Demo Olympus Slot Filipina Slot Jepang Slot Server Luar Slot Hongkong Slot Rusia Slot Vietnam Slot Singapore Roulette Sicbo Blackjack Baccarat Online Fafaslot Gates Of Olympus IDN Slot JDB Slot Joker123 Live Casino Online PGSOFT Pragmatic Play Roulette Online SBOBET Slot Dana SLOT777 Slot Mania Slot Ovo Slot Petir Slot Pulsa Slot Olympus Sv388 WS168 RTP Live Sicbo Online SLOT88 Slot Bet 200 Slot Maxwin Slot Mahjong Ways Demo Olympus Demo Slot Mega Roulette Slot Thailand Slot Kamboja Slot Filipina Slot Server Luar Slot Jepang Slot Gacor Slot Gacor IDN Slot Joker123 PGSOFT Pragmatic Play SBOBET Slot88 Slot Dana Slot Maxwin Slot Mania Slot Pulsa Sv388 Sabung Ayam Sweet Bonanza Slot Zeus Slot Olympus Gates Of Olympus Slot777 Slot Ovo RTP Live Slot Mahjong Ways Demo Olympus Demo Slot Slot Thailand Slot Kamboja Slot Filipina Slot Server Luar Slot Jepang Slot Gacor Slot Gacor Slot Gacor Fafaslot Digmaan Baccarat Online Gates Of Olympus IDN Slot JDB Slot PGSOFT Pragmatic Play SBOBET Slot Dana Slot Mania Slot Petir Slot Olympus SV388 Sabung Ayam Online WS168 Slot Bet 200 Maxwin Slot Gacor Slot Server Thailand Lavabet138 Demo Slot RTP Slot Live Slot Mahjong Ways Slot88 Joker123 Slot Server Kamboja Demo Olympus Slot Server Filipina Slot Server Luar Slot Server Jepang Slot Server Hongkong Roulette Online Sicbo Online Mega Roulette Slot Mania Slot Deposit Dana Slot Maxwin Joker123 Slot Zeus Fafaslot Slot Depo 5K Fafaslot Fafaslot Baccarat Online Digmaan Gates Of Olympus IDN Slot JDB Slot Joker123 Live Casino Online PGSOFT Pragmatic Play Roulette RTP Live Slot SBOBET Sicbo Online Slot Dana Slot777 Slot Mania Slot Ovo Slot Petir Slot Pulsa Sv388 Sabung Ayam Online Slot Olympus SLOT88 WS168 Slot Bet 200 Slot Maxwin Slot Mahjong Ways Demo Olympus Demo Slot Mega Roulette Slot Thailand Slot Kamboja Slot Filipina Slot Server Luar Slot Jepang Fafaslot Digmaan Digmaan Fafaslot Baccarat Digmaan Fafaslot Gates Of Olympus IDN Slot JDB Slot Joker123 Live Casino Online PGSOFT Pragmatic Play Roulette Sbobet Slot Dana Slot777 Slot Mania Slot Ovo Slot Petir Slot Pulsa Slot Olympus Slot Zeus Sv388 Ws168 RTP Live Slot Sicbo Slot88 Slot Bet 200 Slot Maxwin Mahjong Ways Demo Olympus Slot Demo Mega Roulette Slot Server Thailand Slot Server Kamboja Slot Server Filipina Slot Server Luar Slot Server Jepang Digmaan Ws168 Fafaslot Fafaslot Sabung Ayam Online Digmaan Baccarat Digmaan Fafaslot Gates Of Olympus IDN Slot JDB Slot Joker123 Live Casino Online PGSOFT Pragmatic Play Roulette Sbobet Slot Dana Slot777 Slot Mania Slot Ovo Slot Petir Slot Pulsa Slot Olympus Sv388 Ws168 RTP Live Slot Sicbo Slot88 Slot Bet 200 Slot Maxwin Mahjong Ways Slot Demo Olympus Demo Slot Mega Roulette Slot Server Thailand Slot Server Kamboja Slot Server Filipina Slot Server Luar Slot Server Jepang