• SMK ITABA
  • SMK Islam Tarbiyatul Badriyah untuk maju dengan motto "SMK Bisa" Cerdas, Kreatif Dan Kompetitif.

Buruh Curhat Omnibus Law Cipta Kerja di Mata Najwa: Bentuk Perbudakan Zaman Modern

Suara beberapa organisasi buruh di Tanah Air diperdengarkan di acara Mata Najwa di Trans 7, tadi malam, Rabu 8 Oktober 2020.

Ketua Umum Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Nining Elitos mengatakan, sejak awal mereka tidak sepakat dengan Omnibus Law Cipta Kerja.

"Kami sebagai organisasi serikat buruh bersama gerakan buruh bersama rakyat, dari awal sangat tidak bersepakat dengan omnibus law. Karena akan menggerus persoalan masa depan generasi bagsa dan rakyat Indonesia," ujar Nining.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN), Ristadi mengungkapkan, dalam aturan ada ketentuan pekerja kontrak.

Jenis pekerjaannya masih dibatasi sesuai UU No 13 Tahun 2003. Namun di situ disebutkan soal jeda waktu atau masa kerja daripada hubungan kerja kontrak atau PKWT.

"Itu berdasarkan kesepakatan antara pekerja dengan pemilik kerja. Ini memang berpotensi, masa kerja pekerja kontrak bisa lebih dari yang sekarang berlaku yaitu 2 tahun dan bisa diperpanjang satu tahun maksimal 3 tahun," ucap dia.

 

Sejumlah mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa menolak Undang-Undang Cipta Kerja di depan Gedung DPRD Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/10/2020). Mereka mendesak Presiden Joko Widodo untuk segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) terkait pencabutan UU Ciptaker karena UU tersebut dianggap tidak berpihak kepada rakyat. *
Sejumlah mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa menolak Undang-Undang Cipta Kerja di depan Gedung DPRD Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/10/2020). Mereka mendesak Presiden Joko Widodo untuk segera menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) terkait pencabutan UU Ciptaker karena UU tersebut dianggap tidak berpihak kepada rakyat. * ANTARA FOTO/Novrian Arbi/wsj.
 
 

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Said Iqbal dengat tegas mengatakan, pihaknya tidak setuju UMK bersyarat.

"Kami tidak setuju UMK bersyarat, kembalikan. UMK ya UMK. Dan kami tidak setuju UMSK dihilangkan, kembalikan, UMSK harus ada," kata dia.

"Pesangon dikurangi dari 32 bulan upah menjadi 25 bulan upah. Kami minta tidak ada pengurangan nilai pesangon kembali kepada 32 bulan upah. Karyawan kontrak atau periode seumur hidup kami tidak setuju. Karena itu perbudakan zaman modern," ucap dia.

Hal ini ditanggapi Supratman Andi Agtas, Ketua Badan Legislasi DPR. Ia mengatakan, pihaknya membentuk tim perumus. Kemudian lahirlah kesepakatan, pihaknya akan pertahankan semua tuntutan buruh.

"Keinginan buruh sederhana, bagaimana UU 13 dipertahankan, itu komitmen kami. Kedua, dari 7 masalah isu utama buruh, 95 persen tetap seperti yang diatur UU 13," ungkap Supratman.

"Seperti pertama, RPTKA, Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing, yang sekarang katanya bebas masuk, itu tidak benar," tutur dia.

Kedua, sanksi pidana dikembalikan ke UU 13. Ketiga, PKWT dan outsorching kebanyakan dikembalikan ke UU 13. Lalu upah minumum padat karya yang dipermasalah buruh, dihapus.

Lalu UMK dibuat dengan formula baru dengan memerhatikan inflasi dan lainnya.*

 

 

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
Penulisan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2021 yang Benar, Apakah HUT Ke - 76 RI?

Seluruh masyarakat Indonesia tentu saja tidak ada yang lupa bahwa tanggal 17 Agustus 2021 menjadi HUT ke - 76 Republik Indonesia. Nah, apakah kalian sudah tahu penulisan

14/08/2021 10:24 - Oleh Administrator - Dilihat 314 kali
Informasi Libur Sekolah

Hal menyenangkan yang paling dinanti para pekerja selain gajian adalah hari libur. Meski hanya satu hari dalam seminggu, namun hari libur selalu ditunggu-tunggu dengan antusias. Apalagi

01/07/2021 08:33 - Oleh Administrator - Dilihat 301 kali
FORMULIR PENDAFTARAN - EKS K MADIUN

Silakan Daftar Di Sini

04/01/2021 11:34 - Oleh Administrator - Dilihat 419 kali
Ujian Akhir Semester (UAS) Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 Secara Daring

Ujian Akhir Semester (UAS) bertujuan untuk mengukur hasil belajar peserta didik selama satu semester, mengukur materi pelajaran yang diberikan oleh guru-guru mata pelajaran melalui Kegi

07/11/2020 08:53 - Oleh Administrator - Dilihat 2624 kali
PENGUMUMAN SMK ITABA

PAS ( PENILAIAN AKHIR SEMESTER ) dilakukan pada tanggal 01 Desember 2020 -  10 Desember 2020 bersifat Daring. PAS ini wajib di ikuti bagi siswa siswi SMK ITABA dikarenakan se

17/09/2020 11:11 - Oleh Administrator - Dilihat 627 kali